Severity: Notice

Message: Undefined property: CI_Session::$cookie_httponly

Filename: libraries/Session.php

Line Number: 675

Severity: Notice

Message: Undefined property: CI_Session::$cookie_samesite

Filename: libraries/Session.php

Line Number: 676

Severity: Warning

Message: setcookie() expects at most 7 parameters, 8 given

Filename: libraries/Session.php

Line Number: 676

BPBJ Kediri

Rencana Strategi

Pengadaan barang/jasa bukan merupakan kegiatan administrasi semata akan tetapi juga merupakan kegiatan yang strategis. Pengadaan Barang/Jasa dapat digunakan sebagai alat dalam rangka value for money melalui efisiensi proses pengadaan barang/jasa dan juga sebagai alat kebijakan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pengadaan barang/jasa seharusnya tidak dilihat hanya sebatas proses pemilihan penyedia barang/jasa, namun untuk menjamin proses pengadaan yang efektif dan efisien, proses pengadaan harus dilihat secara menyeluruh (end-to-end) mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan review pengadaan barang/jasa. Proses pemilihan penyedia hanya merupakan salah satu tahapan dalam proses pengadaan barang/jasa. Banyak permasalahan pengadaan yang terjadi justru bermuara dari tahapan perencanaan pengadaan yang kurang baik.

Guna mendorong peran strategis pengadaan serta memperbaiki proses pengadaan secara end to end, Pemrintah Kota Kediri bekerjasama dengan LKPP melaksanakan program modernisasi pengadaan di Pemrintsh Kota Kediri. Program ini terdiri 5 (lima) area yaitu

  1. Pengembangan kelembagaan
  2. pengembangan sumber daya manusia pengadaan
  3. center of exellence
  4. legal protection serta
  5. pengembangan jabatan fungsional pengadaan.

Program ini diharapkan dapat mewujudkan pengadaan di Kota Kediri yang lebih baik.

 

 

Rencana Program Pendampingan Internal dan Bimbingan Teknis Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kota Kediri

 

No

Kegiatan

Uraian

Tujuan

Indikator

Sumber Anggaran

Peserta

Jadwal

Status Pencapaian

Keterangan/

Tindak Lanjut

Realisasi Pelaksanaan

Deskripsi

1

Peningkatan Kinerja Organisasi dan Staf Bagian PBJ

Rapat Koordinasi/Pendampingan Internal setiap minggu

Menyamakan persepsi di antara seluruh staf Bagian PBJ atas isu-isu pengadaan terbaru

Terbangunnya persepsi yang sama atas isu-isu pengadaan actual pada seluruh staf Bagian PBJ

APBD Kota Kediri

Kepala, Sekretariat Bagian PBJ, Pokja Pengadaan

Januari s/d Desember 

Seminggu sekali

Rapat Koordinasi/Pendampingan Internal dilaksanakan setiap minggu pada hari Selasa

Materi Rapat Koordinasi disesuaikan dengan isu actual/terbaru

2

Peningkatan Kapasitas Manajerial dan Teknis Organisasi dan Staf Bagian PBJ

Mentoring Program Modernisasi Pengadaan ULP Percontohan

 

Meningkatkan kemampuan manajerial dan keahlian pengadaan serta menyusun konsep perlindungan hukum bagi staf ULP untuk menuju ULP sebagai CoE Pengadaan

Meningkatnya kemampuan manajerial dan keahlian pengadaan staf ULP, serta adanya perlindungan hukum bagi staf ULP

MCA-I dan APBD Kota Kediri

Kepala ULP, Sekretariat ULP, Pokja ULP

Januari s/d Desember 2017

Sebulan 3 kali

Dilakukan sebulan 3 kali dengan mentor yang berbeda, yaitu dari PwC, BAH, dan B-Trust

Materi Mentoring disediakan oleh Mentor, untuk perlindungan hukum akan segera dilaksanakan FGD dengan aparat perlindungan hukum untuk merumuskan MoU konsep perlindungan hukum bagi staf ULP

3

Pendampingan Jawab Sanggah

Rapat Koordinasi untuk merumuskan jawaban apabila ada sanggahan

 

Memberikan bantuan kepada Pokja untuk merumuskan jawaban sanggah atas sanggahan pada proses pengadaan secara baik dan benar

 

 

 

 

Terumuskannya jawaban sanggahan secara baik dan benar

APBD Kota Kediri

Kepala ULP, Sekretariat ULP, Pokja I ULP

Januari s/d Desember 2017

Setiap ada sanggahan

Pendampingan Jawab Sanggah dilakukan secara isidentil, yaitu ketika Pokja menerima sanggahan

Sampai saat ini belum ada sanggahan

4

Pemberian Pendampingan dan Layanan Konsultansi bagi Organisasi Pengadaan

Klinik Konsultansi

Memberikan pendampingan dan layanan konsultansi bagi seluruh organisasi pengadaan dari proses perencanaan, pemilihan sampai pelaksanaan

Teratasinya kesulitan atau kendala bagi seluruh organisasi pengadaan dalam melaksanakan proses pengadaan

APBD Kota Kediri

Seluruh Organisasi Pengadaan di Lingkungan Pemerintah Kota Kediri

 

Januari s/d Desember 2017

Setiap hari kerja

Pemberian Pendampingan dan Layanan Konsultansi dibuka setiap hari, sehingga apabila ada kesulitan atau kendala, para pelaku pengadaan dapat langsung menghubungi ULP, baik lewat telpon atau bertatap muka

Sudah ada beberapa pelaku pengadaan yang melakukan konsultansi dengan staf ULP, baik melalui telepon atau bertatap muka  

5

Pendampingan input n dan umumkan RUP dalam SIRUP

Mendampingi Admin SIRUP pada seluruh SKPD unntuk menginput dan nmengumumkan RUP dalam SIRUP

Mendampingi Admin SIRUP untuk mengumukan RUP pada SIRUP, sehingga RUP dapat diumumkan pada SIRUP secara baik dan benar

Terumumkannya RUP pada SIRUP oleh Admin SIRUP secara baik dan benar serta tepat waktu

APBD Kota Kediri

Seluruh Admin SIRUP di Lingkungan Pemerintah Kota Kediri

 

Januari s/d Februari 2017

16 kali

Pendampingan dilakukan selama 16 hari pada bulan Januari s/d Februari dengan bekerja sama dengan LPSE dan Keuangan

Admin SIRUP sudah mulai menginput dan mengumumkan RUP dalam SIRUP

6

Peningkatan kapasitas teknis organisasi pengadaan di lingkungan pemerintah kota Kediri

 

Melaksanakan sosialisasi peraturan perundang-undangan pengadaan barang/jasa

Meningkatkan kapasitas teknis seluruh organisasi pengadaan di Pemerintah Kota Kediri melalui sosialisasi aturan-aturan pengadaan terbaru maupun penyegaran dan pendalaman atas aturan-aturan pengadaan yang lama

 

 

Meningkatnya kapasitas teknis dan pengetahuan akan aturan-aturan pengadaan pada seluruh organisasi pengadaan

APBD Kota Kediri

Seluruh Organisasi Pengadaan di Lingkungan Pemerintah Kota Kediri

 

Maret 2017

Sekali

Sosialisasi direncanakan dilaksanakan sekali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret

 

7

Peningkatan kapasitas penyedia barang dan jasa

Melaksanakan pembinaan kepada penyedia barang/jasa tentang pelaksanaan pelelangan

Meningkatkan kapasitas penyedia barang dan jasa di Kota Kediri, sehingga mereka dapat bersaing secara kompetitif dalam proses pemilihan penyedia barang dan jasa di Kota Kediri

Meningkatnya rata-rata partisipasi penyedia barang/jasa di Kota Kediri dan meningkatnya jumlah penyedia dari Kota Kediri yang terpilih menjadi penyedia

APBD Kota Kediri

Seluruh penyedia barang dan jasa di kota Kediri yg terdaftar di lpse

April 2017

sekali

Direncanakan dilaksanakan sekali dalam setahun, yaitu pada bulan April